KELOMPOK:
1. Aan Khunaifi (10112005)
2. Dafiq Yudi
Prasetyo (11112654)
3. Dea
Dendramaya (11112737)
4. Sarah
Khoerunisa (16112839)
A. Latar
Belakang
Perkembangan
teknologi komputer saat ini sangatlah pesat. Hampir semua kegiatan manusia
tidak terlepas dari bantuan komputer. Mulai dari kegiatan perdagangan, bisnis,
pendidikan, perkantoran, perbankan dan lainnya. Hal ini dikarenakan
perkembangan komputer yang semakin canggih baik dari segi perangkat keras (hardware)
maupun perangkat lunak (software). Salah satu teknologi komputer dari sisi software
yang banyak digunakan adalah teknologi virtual reality.
Indonesia
merupakan negara yang penuh dengan sejarah dan memiliki beragam budaya yang
menarik. Sejarah yang terkandung didalamnya seperti sejarah perjuangan
Indonesia untuk lepas dari penjajahan yang dulu pernah dirasakan oleh
Indonesia. Belanda merupakan negara yang meninggalkan banyak peninggalan
sejarah bagi bangsa Indonesia salah satunya adalah Oud Batavia.
Batavia
Lama (Oud Batavia) atau yang lebih sering kita kenal dengan sebutan Taman
Fatahillah Kota Tua. Di Jakarta Taman Fatahillah Kota Tua merupakan cagar
budaya yang dulu dijadikan oleh Belanda sebagai tempat untuk melakukan berbagai
aktivitas mereka seperti perdagangan, balai kota dan sebagainya. Setelah
merdeka, Taman Fatahillah Kota Tua bukan lagi dijadikan sebagai balai kota,
melainkan kini dijadikan salah satu tempat wisata sejarah. Banyak wisatawan
lokal maupun mancanegara yang datang berkunjung untuk menikmati nuansa
bersejarah Taman Fatahillah Kota Tua. Hal ini merupakan bukti bahwa Taman
Fatahillah Kota Tua tetap hidup meskipun sudah berusia lebih dari tiga abad.
Teknologi
komputer dapat digunakan untuk membuat wisata Taman Fatahillah Kota Tua yang
dapat dinikmati oleh semua orang, bukan hanya warga Jakarta. Oleh karena itu,
penulis membuat aplikasi Virtual reality kawasan wisata Taman Fatahillah Kota
Tua Jakarta, sehingga dapat memberikan pengetahuan tentang bangunan-bangunan
yang berada disekitar Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta. Selain untuk menambah ilmu
pengetahuan dan wawasan, tempat-tempat tersebut juga dapat menjadi tempat berwisata
dan wahana hiburan yang tentunya sangat bermanfaat dan mendidik.
B. Tujuan
Penulisan
Tujuan penulisan ini adalah membuat
aplikasi Taman Fatahillah Kota Tua dengan teknik virtual reality. Aplikasi ini
dapat digunakan oleh pengguna untuk melihat setiap sudut objek yang terdapat
didalam kawasan wisata tersebut. Aplikasi ini membuat pengguna dapat merasakan
bahwa dirinya sedang berada di dalam kawasan tersebut dan dengan tampilan yang
menarik membuat pengguna merasa tidak bosan berada di dalam aplikasi tempat
bersejarah di Jakarta ini sehingga dapat menumbuhkan minat para pengguna untuk
mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Jakarta yang ada pada dunia nyata.
C. Gambaran Umum
Aplikasi
pada penulisan ilmiah ini dibuat untuk platform personel computer dengan sistem
operasi Mac OS. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah agar pengguna dapat
merasakan bahwa dirinya sedang berada pada objek wisata Taman Fatahillah Kota
Tua. Selain itu, pengguna juga dapat mengetahui informasi dari semua bangunan
yang berada dalam objek wisata Taman Fatahillah Kota Tua virtual ini. Informasi
yang ada pada aplikasi ini berupa nama, keterangan, fungsi bangunan dan
sebagainya.
Aplikasi
ini dimulai dengan halaman splash screen sebelum masuk ke halaman menu utama.
Halaman splash screen berisi animasi standart dari software Unity5. Halaman ini
juga berfungsi untuk mempercantik tampilan serta memberi waktu aplikasi untuk memuat
semua resources yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi.
Pada halaman menu
utama aplikasi ini terdapat empat buah menu, yaitu menu mulai, menu bantuan, menu
tentang, dan menu keluar. Menu mulai apabila kita pilih akan menuju halaman utama
dalam aplikasi Virtual Reality Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta.
Menu bantuan akan membuka halaman
baru yaitu halaman bantuan yang berisi cara menggerakan karakter dan cara
melakukan interaksi pada permainan, sehingga pengguna mengetahui tombol apa
saja yang digunakan dalam permainan. Menu tentang menampilkan halaman
penjelasan dan tujuan dari pembuatan aplikasi ini. Selain itu, pada menu ini
ditampilkan informasi singkat tentang pembuat aplikasi. Menu terakhir adalah
menu keluar yang berfungsi untuk mengeluarkan aplikasi. Menu ini digunakan
untuk menutup dan keluar dari aplikasi.
D. Hasil
Analisis
Berdasarkan dari hasil analisis rancangan
yang penulis buat maka akan didapatkan kelebihan dan kekurangan dari aplikasi
sebagai berikut :
·
Kelebihan aplikasi Virtual Reality Taman
Fatahillah
1. Aplikasi
membuat para pengguna seolah-olah bisa merasakan suasana yang ada pada kawasan
Taman Fatahillah.
2. Aplikasi
berisi informasi-informasi yang dapat nenambah pengetahuan para penggunanya.
3. Dengan
Virtual Reality membuat para pengguna tidak merasa bosan belajar dan mengenal
sejarah yang ada pada Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta
·
Kekurangan aplikasi Virtual Reality Taman
Fatahilah
1.
Aplikasi Virtual Reality ini hanya berjalan pada
Desktop dengan sistem operasi Mac OS.
2. Hanya
menampilkan bangunan luar di kawasan Taman Fatahillah.
3.
Aplikasi akan berjalan sangat lambat pada
komputer yang memiliki VGA dan RAM yang kecil.
E. Batasan
Masalah
Penulisan
ilmiah ini membahas tentang bagaimana membuat apliksai virtual reality Taman
Fatahillah Kota Tua. Pembuatan objek dalam aplikasi ini akan menggunakan software
SketchUp Pro 2015. Objek data aplikasi ini meliputi bangunan dan objek-objek
lain disekitar Taman Fatahillah Kota Tua. Pembuatan aplikasinya menggunakan Unity5
dan aplikasi ini dibuat pada komputer berbasis desktop.
Bangunan
yang terdapat di Kota Tua Jakarta cukup banyak oleh karena itu, dalam penulisan
ini penulis membatasi pembuatan objek dengan hanya membuat 8 bangunan saja yang
terdiri dari Museum Fatahillah, Museum Wayang, Gedung Arsip Bank Mandiri,
Kantor Pos, Batavia Café, Gedung Jasindo, Bank Mega serta Museum Seni rupa dan
Keramik yang berada disekitar Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta. Para pengguna
aplikasi ini nantinya akan diajak berkeliling untuk mengenal apa saja yang ada
pada kawasan Taman Fatahillah Kota Tua, berupa bangunan yang berada disekitar
lokasi tempat wisata tersebut, info-info mengenai bangunan disekitarnya, info
jam operasional bangunan sekitar Taman Fatahillah Kota Tua dan harga tiket
untuk masuk kedalam bangunannya. Selain itu, pembuatan objek 3D pada aplikasi
ini nantinya hanya akan menampilkan bangunan gedung bagian luarnya saja,
artinya bagian dalam dari masing-masing bangunan tidak akan ditampilkan. Adapun
bagian dalam bangunan yang akan ditampilkan hanya tiga banguan, yaitu Museum
Fatahillah, Museum Wayang dan Museum Seni rupa dan Keramik.
F. Perancangan
1. 1.
Use Case Diagram
Terlihat perbedaan dimana setelah di analisis ada penambah
Museum Seni dan Keramik serta informasi dari Museum Fatahillah, Museum Wayang
dan Museum Seni dan Keramik.
1. 2.
Struktur Navigasi
1.
3. Perancangan Tampilan Mulai
G. Kesimpulan
Aplikasi Virtual Reality Taman Fatahillah Kota Tua
Jakarta ini telah dianalisis, adapun hasil analisisnya, yaitu aplikasi ini
dapat digunakan oleh para pengguna untuk melihat setiap sudut objek yang
terdapat di Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta dan membuat para pengguna
seakan-akan sedang berada di kawasan tersebut. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan
para pengguna untuk dapat merasakan suasana di dalam Museum dan dapat
mempelajari sejarah yang terkandung pada setiap bangunannya.
Pembuatan apliaksi Virtual Reality Taman Fatahillah
Kota Tua Jakarta ini berbasis 3D rendering, sehingga aplikasi akan berjalan
sangat lambat pada komputer yang memiliki VGA dan RAM yang kecil. Selain itu,
untuk membuat aplikasi lebih menarik bisa dengan memperluas dunia cakupan
virtual reality dengan menambah objek 3D sehingga kawasan Virtual Reality tidak
hanya Taman Fatahillah dan para pengguna dapat masuk kesemua bangunan yang
berada pada Taman Fatahillah hal tersebut dapat dijadikan sebagai bahan masukan
untuk perbaikan dalam pengembangan aplikasi ini ke versi selanjutnya.
No comments:
Post a Comment