Sunday, October 6, 2013

MAKALAH KOMPUTER DALAM BISNIS (PTSI C)



MAKALAH
Komputer Dalam Bisnis
(Bisnis Barang dan Jasa Melalui Media Online)
Disusun Oleh :
1.      Anggi Maulina                                                                                 (10112906)
2.      Dea Dendramaya                                                                            (11112737)
3.      Fuji Hartini                                                                                      (13112068)
4.      Prisiela Navishah                                                                             (15112715)
5.      Raina Maharani                                                                              (15112955)
6.      Safara El Batama                                                                            (16112774)
7.      Syifa Putri A                                                                                    (17112270)

Dosen                 :     Sari Noorlima Yanti, SKOM., MMSI
Mata Kuliah      :     Peng. Teknologi Sistem Informasi 1C
Jurusan             :     Sistem Informasi
Fakultas            :     Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Kelas                 :     1KA02
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012







KATA PENGANTAR
     Alhamdulillah, puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kami sehingga mampu menyelesaikan penyusunan makalah ini.
     Makalah yang berjudul  ‘Bisnis Barang dan Jasa Melalui Media Online’ merupakan rancangan makalah yang akan kami laksanakan untuk menyelesaikan tugas kuliah. Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah agar kita lebih memahami tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan.
     Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan saran-sarannya dalam penyusunan makalah ini.
     Kami menyadari bahwa penulisan makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan berupa kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi perbaikan makalah ini. Kami berharap makalh ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


Depok, November 2012


            Tim Penyusun





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................................................i
DAFTAR ISI..............................................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN..........................................................................................................1
1.1 Latar Belakang.........................................................................................................1
1.2 Batasan Masalah.......................................................................................................1
1.3 Tujuan Penulisan......................................................................................................2
BAB II PEMBAHASAN...........................................................................................................3
            2.1 Pengertian Bisnis Online..........................................................................................3
            2.2 Macam-Macam Bisnis Online..................................................................................3
            2.3 Kelebihan Bisnis Online.........................................................................................10
2.4 Kelemahan Bisnis Online dan Solusinya................................................................12
2.5 Contoh Situs Bisnis Online.....................................................................................13
            2.6 Cara Mengatasi Kendala Dalam Bisnis Online......................................................14
            2.7 Undang-Undang yang Terkait dengan Bisnis Online.............................................15
BAB III PENUTUP.................................................................................................................19
            3.1 Kesimpulan.............................................................................................................19
DAFTAR PUSTAKA            ..............................................................................................................20



ii





BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
 Saat ini komputer hampir dapat dijumpai di setiap perusahaan, sekolah, kantor pemerintah, bahkan rumah tangga. Perkembangam teknologi yang pesat, khususnya di bidang bisnis yang telah menjadi hal utama yang banyak di lakukan oleh masyarakat.
Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai alat hitung, namun banyak digunakan untuk berbisnis juga. Contohnya seperti bisnis online yang menawarkan barang atau jasanya di kaskus, toko bagus, dan lainnya. Hal ini terjadi karena seseorang menginginkan jasa yang cepat. Tetapi bisnis online juga tidak semudah yang bayangkan. Seorang user juga harus mempunyai cara yang pandai agar konsumen tertarik dengan barang atau jasa yang dia tawarkan.
Komputer dan internet seperti dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam menjalankan usaha dan bisnis. Karena dengan menggunakan komputer semua kegiatan operasional bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan akurat. Komputer dan internet ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh sebuah perusahaan, keduanya tersebut  terhenti atau terhambat maka sistem perusahaan akan menjadi rapuh.
1.2 Batasan Masalah
            Untuk mempermudah memahami makalah yang berjudul “bisnis online” dan pembahasan tidak terlalu meluas, maka kami memberi batasan permasalahan sebagai berikut:
1.      Pengertian dari bisnis online.
2.      Macam-macam dari bisnis online.
3.      Kelebihan pada bisnis online.
4.      Kekurangan dari bisnis online dan solusinya.
5.      Contoh situs bisnis online yang sering digunakan pengguna internet.
6.      Cara Mengatasi Kendala dalam Bisnis Online.
7.      Undang-undang yang mengatur tentang bisnis online.
1
2
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah agar kita dapat lebih mengetahui dan mengenal tentang pengertian dari bisnis online, macam-macam dari bisnis online, kelebihan dan kekurangan dari bisnis online serta solusinya, beberapa contoh situs bisnis online yang sering digunakan pengguna internet, cara mengatasi kendala dalam bisnis online, serta undan-undang yang mengatur tentang bisnis online. 





BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Bisnis Online
Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata Online menurut kamus.web.id adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan komputer lainnya.
Bisnis Online pada prinsipnya sama seperti menjalankan bisnis offline, ada produk, ada jasa, ada nilai tambah yang perlu dijual agar bisa menghasilkan uang. Tapi bedanya, bisnisnya dijalankan secara online di internet. Pemasaran dilakukan melalui internet dan pembelinya didapat melalui internet.
Bisnis online sering diasumsikan sebagai internet marketer bahwa semua bisnis yang dilakukan secara online dengan menggunakan internet sebagai media penjualan produk dan jasa adalah mencangkup bagian-bagian dari bisnis online.
Jadi dalam hal ini internet hanyalah media karna internet sendiri yang terdiri dari ribuan halaman-halaman bahkan jutaan halaman web yang mampu menyediakan informasi bagi pengguna internet.maka dari itu tidak heran jika banyak pelaku bisnis maupun personal menggunakan internet sebagai media yang ampuh mengkomersilkan dan promosi atas produk mereka dengan harapan pengguna internet dapat melihat dan mengenal sehingga mereka tertarik menggunakan produknya.
2.2 Macam-Macam Bisnis Online
1. PENJUALAN TIKET PESAWAT
Seiring dengan perkembangan teknologi, kita sekarang sudah bisa menjual tiket pesawat ke siapapun juga tanpa menggunakan modal yang besar. Hanya dengan menggunakan internet, kini siapapun bisa memesan tiket pesawat sesuai dengan tujuan yang mereka inginkan.

3
4
A.    Nilai Tambah Jualan Tiket Pesawat
1.      Sudah ada system reservasi online sehingga pemesanan, issued tiket bias dilakukan secara langsung.
2.      Tidak perlu membayar deposit sebagai syarat menjadi agen penjualan tiket.
3.      Bisa memesan banyak maskapai penerbangan sekaligus.
4.      System komisinya mudah.
5.      member terlebih dahulu.
B.     Tantangan yang Mungkin Dihadapi
1.      Pesaing mungkin berjumlah banyak karena siapapun bisa bekerja sama.
2.      Maskapai penerbangan membatalkan atau mengubah jadwal penerbangan.
3.      Penumpang membatalkan tiketnya dan meminta refund. Walaupun proses refund bisa dilakukan, namun mengakibatkan kerepotan sendiri.
4.      Kita disuruh membantu mengatasi masalah yang mungkin terjadi seperti kesalahan administrasi, bagasi hilang, dan sebagainya.
2. SOCIAL MEDIA SPECIALIST
Social Media Specialist adalah semacam jabatan yang job decription-nya mengelola akun-akun social media yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.Mengapa ada jabatan seperti ini di sebuah perusahaan?Agar perusahaan itu bisa berpromosi atau menancapkan pengaruh mereknya di dunia media social (Facebook, twitter, youtube, dan lain-lain).
A.    Nilai Tambah Menjadi Social Media Specialist
1.      Dunia social media sedang tumbuh dan berkembang sehingga tidak sulit mencari pekerjaan sambilan di bidang ini.
2.      Sebuah perusahaan yang paling aktif di dunia social media sekalipun tidak mungkin sanggup menggarap dan mengelola berbagai akun media social sekaligus.
3.      Tidak membutuhkan modal besar.  Cukup menyediakan komputer untuk mengelolanya.
B.     Tantangan yang Mungkin Akan Dihadapi
1.      Jika menangani banyak situs atau akun social media, waktu kita akan cepat habis sehingga tidak bisa menganggapnya sebagai pekerjaan paruh waktu lagi.
2.      Belum ada standarisasi fee, entah berbentuk honor, gaji, dan lain sebagainya termasuk job description yang jelas.


5
3. PENJUALAN AKUN TWITTER
Sekarang ini sedang demam twitter. Jika menguasai dunia Twitter, maka akan mudah menggapai kesuksesan. Sebab, jika memiliki jutaan follower makan apabila kita melakukan kampanye lewat Twitter, ada ribuan orang yang memperhatikan pesan promosi yang kita tulis itu.Dari ide inilah, muncul gagasan untuk memperjualbelikan akun Twitter.
A. Nilai Tambah Jualan Akun Twitter
1.      Twitter sedang naik daun. Semua orang membicarakan twitter sehingga bisa memikat perudahaan yang ingin terjun ke dunia social media.
2.      Twitter is “fun” sehingga tak membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk menjual aku Twitter kita.
3.      Pasarnya ada sehingga kebutuhan akan bisnis ini masih bisa berkembang di masa-masa mendatang.
4.      Tidak membutuhkan modal apapun selain kemampuan berkomunikasi yang baik via Twitter.
B.     Tantangan yang Mungkin Akan Dihadapi
1.      Pada dasarnya, jual-beli akun merupakan tindakan yang menyalahi aturan yang ditetapkan oleh Twitter sehingga jika terbukti ada transaksi seperti ini, akun tersebut akan siblokir.
2.      Klien akan menganggap para follower yang kita “jual” itu tidak riil (bukan manusia tapi bot).
3.      Klien mengetahui prinsip kerja Twitter sehingga mereka mungkin tidak tertarik dengan jumlah follower yang kita dapatkan tapi dari seberapa banyak orang berkomunikasi via Twitter memakai akun tersebut.
4.      Twitter memiliki fitur Unfollow yang dipakai oleh pengguna untuk berhenti mengikuti sebuah akun.
5.      Tindakan ini dalam konteks tertentu mungkin dipandan kurang etis.

4. PENJUALAN PARCEL
Parcel adalah bisnis yang sebenarnya cukup tua usia. Hanya saja, jika klien ingin mengirim parcel untuk rekannya yang ada di luar kota, maka ide bisnis menjual parcel secara online akan tampak realistis dan menguntungkan.
6
A.  Nilai Tambah Jualan Parcel
1.      Bisnis ini sidatnya musiman sehingga tak membutuhkan biaya operasional tinggi.
2.      Walaupun dioperasikan setiap hari, namun tetap menguntungkan karena ada waktu-waktu dimana semua orang butuh parcel.
3.      Tidak perlu menyetok barang. Beli-rangkai-kirim jika ada pesanan saja.
4.      Menjual parcel secara online bisa mengatasi kebutuhan klien yang ingin mengirim parcel untuk rekannya di luar kota.
B.  Tantangan yang Mungkin Akan Hadapi
1.      Harga produk-produk yang akan kita satukan menjadi parcel kadang-kadang flukuatif dan sulit diterka.
2.      Biaya kirim mungkin membebani konsumen terutama jika kita harus “melindungi” parcel itu dengan boks kayu.
3.      Foto-foto produk yang kita sajikan di situs mungkin berbeda dengan kenyataannya karena mungkin ada perubahan warna produk, bentuk produk, dan lain sebagainya.
5. PENJUALAN LOGO
Hampir semua perusahaan, organisai, atau lembaga entah profit maupun non profit membutuhkan logo.Jika kita terampil mendesain logo, maka buatlah bisnis desain logo.Keterampilan yang kita butuhkan sangatlah sederhana, yaiut keterampilan mengoperasikan software pengolah gambar seperti Adope Illustrator atau CorelDraw.
A.    Nilai Tambah Jualan Logo
1.      Semua perusahaan, lembaga, dan organisasi apapun membutuhkan logo. Dengan begitu, bisnis ini memiliki potensi jangka panjang.
2.      Kliem bisa meminta jasa desain secara online sehingga tidak perlu mendatangi kantor mereka.
3.      Banyak software yang bisa digunakan untuk mendesain logo secara cepat.
4.      Pengiriman hasil desain bisa dilakukan via email sehingga bisa mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu.
B.     Tantangan yang Mungkin Akan Dihadapi
1.      Desain-desain yang dibuat, karena disajikan di dalam situs, bisa ditiru oleh siapapun, termasuk pesaing kita, tanpa kita ketahui.

7
2.      Proses membuat desain logo yang eksklusif mungkin membutuhkan energi apabila klien meminta terlalu banyak revisi.
3.      Klien mungkin akan memilih biro desain logo yang ada  di sekitar domisili kantor mereka untuk alasan kedekatan wilayah.
6. KURSUS JARAK JAUH
            Membuka kursus jarak jauh tidak perlu menggunakan gedung sekolah.Apabila kita suka pengetahuan umum, buatlah pengetahuan-pengetahuan yang memancing rasa ingin tahu. kita bisa mendapatkan uang dari beragam cara, mulai dari hasil penjualan per produk maupun hasil langganan perbulan.
A.  Nilai Tambah Kursus Jarak jauh
1.      Tinggal buat ilmu “satu kali” dan jual secara masal tanpa kehadiran kita.
2.      Tidak membutuhkan gedung.
3.      Ada banyak cara menjual kursus, mulai dari tulisan, video tutorial, hingga audio book.
4.      Ilmu itu berkembang sehingga pasar yang membutuhkan ilmu-ilmu baru akan selalu ada.
B.  Tantangan yang Mungkin Akan Dihadapi
1.      Jika kita menyajikan kursus dalam bentuk video, biaya sewa web hoosting akan sangat melonjak tinggi.
2.      Tingkat pembajakan tinggi. Tulisan bisa di copy paste secara mudah oleh orang lain.
3.      Persaingan ketat sehingga berpotensi terjadi perang harga.
4.      Ilmu berkembang sangat pesat sehingga apa yang terjadi saat ini kita ajarkan kepada orang lain akan menjadi tidak relevan beberapa bulan kemudian.
7. PERCETAKAN ONLINE
      Jika anda mempunyai mesin cetak atau punya rekanan yang membuka usaha percetakan, cobalah melebarkan bisnis ini ke dunia internet agar anda mendapatkan konsumen yang jauh lokasinya dari tempat tinggal?Sekarang ini, banyak situs yang menawarkan cetak jarak jauh terutama untuk cetakan kecil seperti kartu naman, kalender, dan lain sebagainya.
A.  Nilai Tambah Menjual Jasa Percetakan
1.      Jalanan yang serba macet seringkali membuat klien malas datang ke percetakan sehingga percetakan online ini menjadi alternative.
8
2.      Cetak-mencetak merupakan kebutuhan dasar setiap kantor.
3.      Bisnis seperti ini cukup mudah karena teknologinya lengkap dan dapat ditemukan di banyak retailer.
4.      Range cetakan yang bisa Anda jual sangatlah luas.
B.  Tantangan yang Mungkin Akan Dihadapi
1.      Bisnis cetak mencetak ini merupakan bisnis yang sangat mudah ditemukan di kota manapun sehingga praktis ada pesaing di setiap kota yang tak akan meminta biaya pengiriman barang.
2.      Jika klien berada di luar kota maka biaya kirim yang Anda bebankan bisa membuat klien berfikir  dua kali lipat untuk menggunakan jasa Anda.
3.      Packing sangat beresiko terutama jika materi cetak berbentuk bahan pecah belah seperti mug.
4.      Klien yang sangat sensitive terhadap perbedaan warna mungkin akan menyulitkan Anda. 
8.  KONSULTAN NAMA DOMAIN
Bisnis ini memang belum pernah ada di Indonesia.Oleh karena itu, mungkin Anda berpikir tentang potensi bisnis ini.Apa saja nilai tambah menjadi seorang konsultan nama domain? Berikut beberapa nilai tambahnya.
A.  Nilai Tambah Konsultan Nama Domain
1.      Nama domain merupakan salah satu unsur paling penting dari keberadaan sebuah perusahaan di internet.
2.      Bisnis ini relative baru sehingga belum memiliki banyak pesaing.
3.      Bisnis konsultan nama domain ini sangat sederhana sehingga tidak membutuhkan banyak modal.
4.      Ada peluang-peluang baru yang mungkin bisa Anda peroleh dari bisnis konsultasi nama domain ini.
B.  Tantangan yang Mungkin Akan dihadapi
1.      Klien tidak mau membayar walaupun Anda sudah memberikan saran dalam pemilihan nama domain.
2.      Model bisnis seperti ini belum begitu dikenal oleh masyarakat.
3.      Bisnis ini begitu sederhana sehingga memang terbukti sukses. Akan memicu orang lain untuk menciptakan usaha sejenis.
9
4.      Biasanya di perusahaan-perusahaan web hoosting atau web design sudah memiliki tim untuk menyarankan klien terkait nama-nama domain terbaik.
9.  PENULISAN CERITA TRAVELLING
Bagi seorang peloncong, bepergian ke suatu tempat yang eksotik bukanlah  sebuah bisnis. Perjalanan itu adalah sebuah hobi atau minat. Jadi, kemanakah Anda telah atau akan pergi? Catat kisah perjalanan itu agar Anda mendapatkan uang tambahan.
A.  Nilai Tambah Menjadi Penulis Travelling
1.      Pekerjaan ini menyenagkan karena pada dasarnya “wisata sambil bekerja”.
2.      Semua orang membutuhkan liburan dan paduan untuk pergi ke suatu tempat sehingga mereka mencari informasi-informasi seputar perjalanan-perjalanan yang menarik dan mudah dipahami.
3.      Siapapun ingin berwisata secara murah dan meriah sehingga ini menjadi peluang bagi Anda yang memang memiliki jika backpacking.
4.      Menulis cerita travelling tidak membutuhkan keahlian teknis.
B.  Tantangan yang Mungkin Akan Dihadapi
1.      Tempat wisata yang Anda tulis dianggap biasa-biasa saja dan tidak menantang sehingga pembaca akan mengalami kebosanan.
2.      Secara umum, modal awal bisnis ini adalah pengalaman perjalanan Anda yang harus Anda lalui terlebih dahulu.
3.      Jika menjadi guide maka akan berhadapan dengan banyak orang beragam sifat.
4.      Tulisan anda bisa di copy-paste orang lain.
10. MENJUAL BARANG BEKAS
Barang bekas belum tentu berubah menjadi barang tidak berharga.Oleh karena itu, carilah barang-barang bekas dan jualah lewat internet.kita bisa menjual barang bekas yang kita miliki sendiri atau mencari barang bekas dari teman-teman Anda dan mempublikasikannya di internet.
A.  Nilai Tambah Menjual Barang Bekas Secara Online
1.      Ada banyak orang yang mrenyukai barang bekas karena lebih murah dengan nilai   ekonomis yang setara dengan barang baru.
2.      Jika kita menemukan barang bekas yang dianggap barang antik, maka harga jualnya sangat tinggi.

10
3.      Ada banyak ragam barang bekas yang bisa dijual sehingga range komisi yang akan Anda terima cukup luas.
4.      Tidak perlu gudang. Undang orang lain untuk memajang barang bekas mereka di situs Anda.
B.  Tantangan yang Mungkin Akan Dihadapi
1.      Jika barang yang Anda jual ternyata cacat, reputasi Anda bisa buruk.
2.      Pemilik barang bekas mungkin sudah berhasil mendapatkan pembeli sehingga upaya yang Anda lakukan untuk mempromosikan barang itu menjadi sia-sia.
3.      Kadang-kadang, barang bekas dan baru memiliki perbedaan harga yang rendah sehingga pembeli mungkin lebih memilih untuk memilih barang yang baru.
4.      Calon pembeli mungkin tidak menyukai ide membeli barang bekas secara online karena tidak bisa meneliti kondisi barang itu secara detail.

2.3  Kelebihan Bisnis Online
1.      Bisa dijalankan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. sebuah bisnis yang ideal sekali. Anda bisa menjalankan nya dirumah, di  kantor selepas kerja atau disaat makan siang, atau di warnet bahkan. Anda bisa  menjalankan di saat keluar kota, liburan, atau ada acara pernikahan di kota  lain, anda bisa menjalankan bisnis Online anda.
2.      Bisa dimulai dengan modal awal yang cukup kecil. Jika anda sudah mempunyai sebuah komputer dan handphone yang menggunakan  nomer dengan Jasa Satelindo maka anda bisa membangun bisnis online dengan tanpa tambahan biaya yang signifikan. Anda hanya tinggal membayar biaya akses  internet menggunakan fasilitas GPRS atau Bluetooth yang ada di HP anda dan biayanya sangat murah dibandingkan waktu akses yang tak terbatas. Untuk pemakaian 24 jam perhari, selama 1 bulan penuh anda hanya dikenakan biaya sebesar 200.000 an perbulan nya. Anda juga bisa memulai bisnis online anda dari warnet. Walaupun ada beberapa keterbatasan namun tetap bisa dilakukan bila anda mempunyai impian yang cukup besar. Banyak kisah sukses, memulai bisnis online di warnet, sampai kemudian dari keuntungan nya dibelikan komputer bahkan laptop, dan terus meningkat sampai rumah, mobil dan sebagainya.

11
3.      Bisnis Lokal dengan potensi International. Ada orang sering sekali mendapatkan kontak dari Australia, Brunei, Malaysia, bahkan Yang lebih jauh dari itu. Sesungguhnya orang itu sudah mempunyai bisnis di banyak negara, lewat usaha yang saya tekuni. Karena mereka ada diberbagai negara. Bahkan seandainya bisnis orang tersebut berbahasa Indonesia saja tetap pasarnya seluruh dunia, karena banyaknya orang Indonesia diluar negeri. Tentu saja anda juga perlu memilih produk/jasa yang mudah didistribusikan antar negara. Dan produk seperti ini adalah produk informasi yang bisa di download  dengan mudah dimana saja, kapan saja.
4.      Skill yang diperlukan sepenuhnya bisa dipelajari tidak masalah apapun latar belakang   anda. Apakah anda seorang mahasiswa atau ibu rumah tangga, atau seorang pensiunan, atau staff perusahaan, atau seorang dokter, manager, dosen, siapapun dengan latar belakang apapun bisa menjalankan bisnis online asalkan mau mempelajari skill atau keterampilan yang diperlukan. Tentu saja anda perlu mempunyai mindset yang benar sebelum memulai usaha di internet. Karena kalau tidak anda akan terjebak dengan berbagai scam bisnis atau penipuan yang juga banyak di internet. Ketika anda mempunyai pola pikir yang tepat anda tidak akan kaget ketika ada hal hal yang terjadi yang diluar kendali anda.
5.      Potensi penghasilan sangat besar, anda bisa dibayar dalam dollar. Internet adalah global, demikian juga pembeli atau customer anda meliputi seluruh dunia. Apalagi kalau website anda menggunakan atau menjual produk berbahasa Inggris. Atau bahasa yang lain, misalnya mandarin, maka pasar anda sangat besar, bahasa Jerman dan sebagainya.
6.      Bisa dijalankan secara otomatis. Sekali anda sudah menguasai apa yang harus dilakukan setiap hari, anda bisa membuat sebuah sistem sehingga anda tidak perlu melakukan hal yang sama yang setiap hari anda harus lakukan. Kehebatan internet adalah anda bisa lakukan hampir semua pekerjaan anda secara otomatis. Ada banyak software yang bisa membantu mengotomatiskan berbagai tugas rutin di Internet.
7.      Tidak ada pajak, pungutan, pajak penghasilan, selama produk anda informasi atau digital produk dimana bisa dikirimkan lewat internet atau di download untuk mendapatkannya. Maka anda tidak dikenakan biaya bea masuk, pajak dan pembayaran lainnya.


12
8.      Tidak ada hari libur, anda bisa kerja kapan saja anda mau, tidak ada yang mengawasi anda. Hal ini menjadi kelebihan yang sangat besar, jika anda senang bekerja sendiri, anda ingin mendapatkan hasil sesuai dengan impian anda, maka bisnis online dapat menjadi kendaraan yang sangat potensial.
9.      Menciptakan banyak sumber income. Sekali anda sudah menemukan sebuah produk yang tepat, anda bisa membuat produk yang lain dan menciptakan sumber income yang lain. Atau menjalankan dua bisnis yang berbeda secara sekaligus bisa dilakukan dengan tanpa menyita lebih banyak
waktu.
2.4  Kelemahan Bisnis Online dan Solusinya
1.      Masih ada keragu – raguan yang berkembang di masyarakat. Banyak yang masih takut ketipu untuk membeli barang secara tidak langsung, takut barang tidak dikirim lah, takut barang tidak sesuai lah dan lain – lain. Solusinya, yakinkan pada calon pembeli bahwa Anda penjual yang bertanggung jawab, kasih jaminan garansi dan usahakan menjawab setiap kontak dari calon pembeli.
  1. Biaya pengiriman antar pulau yang mahal dan berubah – ubah. Salah satu hal yang mengurangi minat masyarakat belanja online adalah karena ada beban biaya kirim, sehingga harga barang akan kelihatan lebih mahal. Solusinya, jelaskan pada pembeli bahwa untuk belanja ke toko langsung pun kadang ada biaya ekstra. Satu lagi, supaya toko online Anda memiliki nilai lebih, berikan subsidi ongkos kirim kepada pembeli yang nilai belanjanya banyak. Ini akan meningkatkan minat orang belanja di toko online Anda.
  2. Beberapa jasa pengiriman tidak melayani kiriman ke daerah tertentu dan karena Indonesia negara kepulauan, tidak jarang waktu pengiriman tidak sesuai jadwal. Solusinya, jadilah penjual yg baik dan bertanggung jawab, terus yakinkan pembeli dengan kondisi di lapangan.
4.      Biaya koneksi internet di Indonesia masih terbilang mahal, padahal kan syarat utama menjalankan bisnis online adalah koneksi internet. Solusinya, manfaatkan promo – promo di warnet, biasanya pada jam – jam tertentu, jam 10 malam ke atas.
  1. Susah untuk meyakinkan diri untuk mengeluarkan modal. Meskipun sedikit, bisnis online tetap butuh modal, jika maunya semua gratisan, hasilnya kurang maksimal.

13
Solusinya, perbaiki mindset pribadi tentang bisnis online, minimalkan resiko dengan terus belajar.
  1. Waktu untuk belajar bisnis online lama. Memang demikian, kita tidak mungkin bisa sukses secara instant, banyak yang harus dipelajari, jadi jangan pernah berpikir kalau bisnis online itu bisnis cepat kaya. Rajin membaca dan eksperimen, kadang kesuksesan bisa juga diraih dari pengalaman pribadi.
  2. Awal memulai bisnis online biasanya membutuhkan waktu yang banyak, malah kadang harus mengorbankan waktu untuk keluarga juga. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa untuk belajarnya saja butuh waktu, apalagi untuk membangun dan mengembangkan. Tapi, yakinlah bahwa bisnis online yang sudah sukses akan berjalan otomatis, Anda akan lebih banyak punya waktu luang.
2.5  Contoh Situs Bisnis Online
1.      Facebook
Hampir semua pengguna internet mempunyai akun facebook. Kita tahu sendiri kan bahwa di facebook itu kita bisa berteman, bersosialisasi bahkan berjualan. Dengan banyaknya pengguna facebook maka kita bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan banyak pembeli.
Selain menggunakan akun pribadi facebook kita, kita juga bisa jualan online dengan memakai fans page (halaman facebook). Kelebihan menggunakan fanpage facebook adalah jumlah audients bisa lebih banyak, bisa diintegrasi dengan berbagai aplikasi dan jugalebih berkesan professional.
2.      Penjualan Online di Tokobagus.com
Mungkin anda sudah sering lihat iklan Tokobagus.com di televisi. Saat ini jual beli online tengah menjadi tren di Indonesia sehingga tak heran situs yang mempertemukan penjual dan pembelian online seperti Tokobagus.com bisa maju.
Tokobagus.com bisa menjadi alternatif media jualan online bagi anda yang mau jualan lewat internet tapi tidak mau membuka toko online sendiri. Tokobagus.com hadir untuk membantu anda menjual barang secara online dengan mudah dan praktis, tentunya.


14
3.      Penjualan Online lewat FJB.Kaskus
Kaskus merupakan salah satu forum  komunitas terbesar di dunia. Bayangkan, sampai saat ini saja jumlah member kaskus sudah lebih dari 4,6 juta orang. Di kaskus, sebagai member kita bisa saling bertukar informasi, baik itu informasi dengan topik tertentu (seperti otomotif, olahraga, musik, dan lain sebagainya), maupun informasi dengan topic yang ringan-ringan saja.
4.      Penjualan Online lewat Forum Bisnis.UKM.com
Bisnis.Ukm.com merupakan salah satu forum tempat berkumpulnya para pembisnis UKM dari seluruh Indonesia. Lewat forum ini, kita bisa berinteraksi dengan berbagai pebisnis UKM dari daerah-daerah lain, mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, atau dari Aceh sampai Papua. Di forum ini, kita para pebisnis UKM bisa saling berinteraksi, entah itu saling berpromosi, saling berdiskusi dan tak hanya itu di BisnisUkm.com kita juga bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan bisnis terbaru.
2.6  Cara Mengatasi Kendala dalam Bisnis Online
Kendala dalam bisnis online yang terbesar adalah banyak orang yang ingin cepat melihat hasil dari bisnis online padahal untuk mendapatkan hasil yang diharapkan membutuhkan waktu yang cukup lama. Berikut adalah beberapa saran yang mungkin bisa mengatasi kendala dalam bisnis online tersebut:
1.      Mengubah Pola Pikir Anda. Sebelum memulai bisnis online, Anda wajib memahami dan menyadari bahwa bisnis online bukanlah bisnis cepat kaya dan sangat perlu kerja keras. Jangan jadikan hal ini sebagai kendala dalam bisnis online. Sadarilah bahwa kita seorang pimpinan dari bisnis kita sendiri. Seorang pimpinan tentu saja berbeda dengan karyawan yang memiliki atasan yang akan memberitahu kita apa saja yang harus kita lakukan setiap harinya. kita perlu mengubah pola pikir dan menempatkan diri kita sebagai pimpinan dari bisnis kita sendiri.
2.      Memiliki Mentor atau Guru. Sebaiknya memiliki mentor yang berguna untuk membantu kita dan membimbing kita terutama pada saat awal-awal memulai bisnis online. Mentor tentunya mempunyai pengalaman yang lebih dibandingkan dengan kita yang baru memulai. Mentor telah melalui masa-masa sulit sebelum kita dan tentunya kita dapat belajar dari pengalaman mereka. Mentor juga berguna sebagai

15
tempat diskusi saat kita mempunyai kendala dalam bisnis online yang sedang kita jalani.
3.      Perencanaan Bisnis. Sebagai seorang pemilik bisnis, kita perlu memiliki strategi atau rencana bisnis. Apa tujuan dan target kita? Apa yang perlu kita lakukan untuk mencapai tujuan? Apa jenis iklan yang akan kita lakukan? Berapa banyak uang yang kita miliki untuk promosi? Siapa target kita? Apa rencana kerja kita? Apa kendala dalam bisnis online kita? kita perlu memahami hal-hal tersebut dengan jelas sebelum kita memulai bisnis online. Setelah kita telah membuat rencana kerja, kita harus mempunyai komitmen dan disiplin yang kuat untuk menjalankan apa yang sudah kita rencanakan.
4.      Pengembangan Diri. Sisihkan waktu untuk pengembangan diri dengan membaca ebook bisnis online, website, buku, dll yang berhubungan dengan bisnis kita. Tapi, jangan membuat kesalahan dengan menghabiskan waktu terlalu banyak untuk pengembangan diri dan pelatihan dan tidak punya waktu untuk bisnis online kita. Hal ini dapat menyebabkan kelambanan dalam bisnis Anda dan akhirnya bisnis kita akan mati.
5.      Segera Bertindak. Banyak sekali orang hanya membaca dari satu ebook ke ebook yang lain, dari satu buku ke buku yang lain, dari website yang satu ke website yang lain tapi tidak berani bertindak. Atau bahkan tidak mau bertindak. Padahal dengan bertindak, mereka akan dapat mengetahui dan mengukur dimana letak kekurangan dan kendala dalam bisnis online. Kita harus mau berusaha memperbaikinya serta mengembangkan bisnis online yang sedang dijalani. kita tidak akan pernah berhasil sebelum mencoba dan mulai melakukannya.

2.7  Undang – Undang yang Terkait dengan Bisnis Online
Pada tahun 2008, pemerintah Indonesia telah menerbitkan Undang-Undang No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Dalam UU ITE ini diatur mengenai transaksi elektronik dimana salah satunya adalah kegiatan mengenai online shop ini. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai upaya UU ITE ini dalam memberikan perlindungan terhadap konsumen ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan transaksi elektronik.
16
Dalam pasal 1 ayat 2 UU ITE ini yang dimaksud dengan transaksi elektronik adalah “perbuatan hukum yang dilakukan dengan menggunakan Komputer, jaringan Komputer, dan/atau media elektronik lainnya”
Sesuai dengan pengertian diatas, maka kegiatan jual beli yang dilakukan melalui komputer ataupun handphone dapat dikategorikan sebagai suatu transaksi elektronik. UU ITE juga mewajibkan pelaku usaha untuk memberikan informasi yang lengkap dan benar.
Kewajiban tersebut terdapat dalam Pasal 9 UU ITE yang berbunyi : Pelaku usaha yang menawarkan produk melalui sistem elektronik harus menyediakan informasi yang lengkap dan benar berkaitan dengan syarat kontrak, produsen, dan produk yang ditawarkan. Dalam penjelasannya disebutkan bahwa yang dimaksud dengan “informasi yang lengkap dan benar” adalah meliputi :
  1. Informasi yang memuat identitas serta status subjek hukum dan kompetensinya, baik sebagai produsen, pemasok, penyelenggara maupun perantara;
  2. Informasi lain yang menjelaskan hal tertentu yang menjadi syarat sahnya perjanjian serta menjelaskan barang dan/atau jasa yang ditawarkan seperti nama, alamat, dan deskripsi barang/jasa.
Saat ini banyak pelaku usaha di Indonesia yang tidak mengetahui mengenai kewajibannya sebagai pelaku usaha. Masih banyak pelaku usaha yang tidak mencantumkan alamatnya sebagai bentuk informasi yang disediakan, ataupun deskripsi mengenai barang/jasa yang ditawarkan tidak lengkap sehingga dapat merugikan konsumen.
Masalah lain yang dapat terjadi dalam suatu transaksi jual beli secara online ini adalah masalah mengenai kapan saat terjadinya transaksi jual-beli? Banyak penjual yang merasa sudah terjadi kesepakatan sehingga sudah memesan barang yang akan dijual, namun pada saat barang tiba, pembeli membatalkan untuk membeli barang tersebut dan berpendapat bahwa belum terjadi kesepakatan sehingga terjadi kerugian bagi pihak penjual.
Hal inipun telah diatur dalam UU ITE dalam pasal 20 UU ITE dijelaskan bahwa “kecuali ditentukan lain oleh para pihak, transaksi elektronik terjadi pada saat penawaran transaksi
17
yang dikirim oleh pengirim telah diterima dan disetujui oleh penerima”. Hal ini sesuai dengan prinsip hukum perdata dimana suatu perjanjian terjadi pada saat tercapainya kata sepakat.
Oleh karena itu, setelah penjual dan pembeli sepakat untuk melakukan perjanjian jual-beli, maka penjual dan pembeli tersebut sudah terikat dan memiliki kewajiban untuk mematuhi perjanjian tersebut. Untuk itu ada baiknya bahwa pernyataan “sepakat” tersebut disimpan sehingga dapat digunakan sebagai alat bukti untuk menyatakan bahwa telah terjadi kesepakatan apabila dikemudian hari terjadi suatu perselisihan mengenai hal tersebut.
Satu hal yang menjadi permasalahan utama dalam perdagangan melalui online shop ini adalah baik penjual dan pembeli kekurangan informasi antara satu dengan lainnya. Informasi menjadi penting dalam sistem perdagangan melalui online shop ini dikarenakan penjual dan
pembeli tidak bertemu secara langsung pada saat transaksi jual beli terjadi. Masing-masing pihak baik itu penjual maupun pembeli merasa khawatir bahwa salah satu pihak tidak akan melaksanakan kewajibannya dan menyebabkan kerugian bagi pihak lainnya. Salah satu contoh kasus yang sering terjadi pada sistem perdagangan online adalah bahwa penjual tidak mengirimkan barangnya meskipun  pembayaran telah dilakukan. Apakah perbuatan tersebut dapat dikategorikan sebagai penipuan? Lalu bagaimana perlindungan terhadap konsumen yang telah dirugikan tersebut ?
Pada dasarnya penipuan secara online tidak jauh berbeda dengan penipuan secara konvensional. Yang membedakan hanyalah sarana perbuatannya, dalam penipuan secara online, penipuan tersebut menggunakan sarana elektronik. Karena itu, penipuan secara online dapat dikenakan pasal 378 KUHP yang berbunyi : Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat ataupun dengan rangkaian kebohongan menggerakkan orang lain untuk menyerahkan sesuatu benda kepadanya, atau supaya memberi hutang maupun menghapuskan piutang, diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama 4 tahun.
UU ITE juga telah mengatur bentuk penipuan secara online ini. Dalam pasal 28 ayat (1) UU ITE disebutkan bahwa : Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita
18
bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.
Dalam pasal 45 ayat 2 UU ITE menyebutkan bahwa ancaman pidana dari penipuan secara online ini adalah penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 Milyar.






BAB III
KESIMPULAN
3.1 Kesimpulan.
Bisnis online sering diasumsikan sebagai internet marketer bahwa semua bisnis yang dilakukan secara online dengan menggunakan internet sebagai media penjualan produk dan jasa adalah mencangkup bagian-bagian dari bisnis online
Macam-macam bisnis online antara lain adalah penjualan tiket pesawat, social media specialist, penjualan akun twitter, penjualan parcel, penjualan logo, kursus jarak jauh, percetakan online, konsultan nama domain, penulisan cerita travelling, menjual barang bekas, dan lain-lain.
            Kelebihan bisnis online antara lain adalah bisa dijalankan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja, bisa dimulai dengan modal awal yang cukup kecil, bisnis lokal dengan potensi international, skill yang diperlukan sepenuhnya bisa dipelajari tidak masalah apapun latar belakang  anda, potensi penghasilan sangat besar, anda bisa dibayar dalam dollar, bisa dijalankan secara otomatis, tidak ada pajak, pungutan, pajak penghasilan, selama produk anda informasi atau digital, tidak ada hari libur, anda bisa kerja kapan saja anda mau, tidak ada yang mengawasi anda, menciptakan banyak sumber income, dan lain-lain.
Kelemahan bisnis online antara lain adalah masih ada keragu – raguan yang berkembang di masyarakat, biaya pengiriman antar pulau yang mahal dan berubah – ubah, beberapa jasa pengiriman tidak melayani kiriman ke daerah tertentu, biaya koneksi internet di Indonesia masih terbilang mahal, susah untuk meyakinkan diri untuk mengeluarkan modal, waktu untuk belajar bisnis online lama, awal memulai bisnis online biasanya membutuhkan waktu yang banyak, dan lain-lain.



19
DAFTAR PUSTAKA
Jubilee Enterprise. 20 Bisnis Gampang Untung hanya Modal Koneksi  Internet  1Mbps. PT Elex Media Komputindo. Jakarta, 2012.
Helianthusonfri, Jefferly. 88 Cara Inspiratif Cari Uang di Internet. PT Elex Media Komputindo. Jakarta,2012.









20




1 comment: