Sunday, October 13, 2013

Teori Organisasi Umum - Tugas 1



pengertian organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

1. Organisasi Formal
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar, serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.
2. Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak SD dan lain-lain.


sumber:  http://dhiedotorg.wordpress.com/2011/09/25/pengertian-definisi-arti-organisasi-dan-unsur-unsurnya/

PENGALAMAN BEROGRGANISASI

saat SMA, saya (Dea Dendramaya) merupakan salah salah satu anggota OSIS. pada masa periode 2010 - 2011, saya ditunjuk untuk menjadi panitia LDKS dan Pelantikan Ekstrakulikuler sebagai Penanggung Jawab Kelompok dan P3K. semua panitia mempunyai posisi rangkap karna guru yang menjadi penanggung jawab acara tidak ingin mengambil terlalu banyak orang untuk menjadi panitia. sebelum berlangsungnya acara tersebut, kami sering mengadakan rapat untuk membicarakan apa saja yang akan dilakukan pada saat acara, pembagian tugas dan tanggung jawab, serta survei lokasi untuk melakukan kegiatan - kegiatan seperti ibadah, outbond, pemberian materi serta pelantikan. tugas saya sebagai penanggung jawab kelompok adalah mengawasi serta membimbing peserta pada kelompok saya jangan sampai terjadi hal - hak yang tidak diinginkan karna lokasi acara tersebut berada di luar kota selama 2hari 1 malam. sedangkan tugas saya yang lain sebagai P3K adalah selalu membawa obat-obatan selama acara dan sesekali berkeliling untuk memastikan ada yang membutuhkan obat atau tidak. Agar acara berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang di harapkan, semua panitia baik guru-guru dan anggota osis harus saling berkomunikasi dan bekerja sama, memerankan posisi nya dengan baik dan bertanggung jawab serta memegang komitmen yang sudah di sepakati bersama sebelumnya. Alhamdulillah, kegiatan LDKS dan Pelantikan Ekstrakulikuler berjalan dengan lancar walaupun ada sedikit masalah – masalah kecil yang tak terlalu berarti.

No comments:

Post a Comment