Wednesday, May 25, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Open Source

Pengertian Open Source

Open Source merupakan sebuah istilah yang digunakan dalam sofware komputer yang berarti bebas, artinya memungkinkan pengguna lain untuk membuka source code dari program sehingga dapat mengetahui dengan jelas cara kerja dari software tersebut. Selain siapa saja boleh mengubah dan memperbaiki bahkan diperbolehkan untuk mengembangkan software tersebut agar memperoleh kinerja yang lebih baik.

Software Open Source merupakan buah dari rapat yang diprakarsai oleh Netscape, penggagas Software Open Source adalah Eric S. Raymond, Crhistine Peterson, Todd Anderson, Larry Augustin, Jon Hall dan Sam Ockman dengan pelopornya Richard Stallman pada tahun 1998. Software open source mulai berkembang pesat setelah lahirnya sistem operasi linux yang dapat diperoleh secara gratis diinternet ditengah merajalelanya sistem operasi keluarga windows yang mengusung lisensi close source. Keberhasilan dari software open source juga tidak lepas dari peran komunitas yang gemar untuk mempelajari dan mengembangkan software berbasis open source.
Kelebihan Open Source
Ada banyak manfaat positif yang bisa kita peroleh dengan menggunakan Open Source, diantaranya :

Kreativitas
Dengan Open Source kita bisa mempelajari cara kerja suatu perangkat lunak, memodifikasinya, bahkan membuat produk baru dari sumber yang ada.
Kemandirian
Kita tidak perlu lagi tergantung pada suatu produk tertentu, bahkan dengan Open Source kita bisa membuat produk yang sekelas dengan perusahaan berskala raksasa seperti Microsoft.
Penghematan
Berapa banyak waktu yang kita sia-siakan untuk berurusan dengan virus komputer di sistem closed source. Dengan menggunakan sistem operasi Open Source seperti 3D OS kita tidak perlu membuang waktu lagi berurusan dengan virus komputer.
Hemat Biaya
Berapa banyak biaya yang perlu kita keluarkan untuk pembelian suatu produk proprietary seperti Windows, Photoshop, MS Office dan lain-lainnya.
Hemat Devisa
Berapa banyak devisa negara yang harus lari keluar negeri jika kita terus menggunakan produk
proprietary.
Legalitas
Open Source memungkinkan kita untuk tidak lagi menggunakan milik orang lain secara tidak sah atau dengan kata lain kita tidak perlu lagi menjadi pencuri.
Meningkatkan Citra Negara
Tahukah Anda bahwa pembajakan menjadikan citra negara menurun ? Dan ini secara tidak langsung membawa akibat buruk pada hubungan dagang dengan luar negeri.
Kekurangan Open Source
Disamping banyak keuntungan diatas, open source juga memiliki beberapa kerugian, yaitu :

Kurangnya SDM yang dapat memanfaatkan open source
Ketersediaan source code yang diberikan dapat menjadi sia-sia, jika SDM yang ada tidak dapat menggunakannya.
Tidak adanya proteksi terhadap HaKI
Kebanyakan orang masih menganggap bahwa open source merupakan aset yang harus dijaga kerahasiannya.
Tidak ada garansi dari pengembangan
Limitasi modifikasi oleh orang – orang tertentu yang membuat atau memodifikasi sebelumnya. Untuk beberapa platform.
Kesulitan dalam mengetahui status project.
Tidak ada garansi dari pengembangan. 
Limitasi modifikasi oleh orang – orang tertentu yang membuat atau memodifikasi sebelumnya. 
Dapat menimbulkan resiko kurangnya diferensiasi antara satu software dengan yang lain, apabila kebetulan menggunakan beberapa Open Source yang sama.




No comments:

Post a Comment